Atasi Insomnia dengan Melakukan 6 Hal Ini

Mungkin bagi sebagian orang, penyakit insomnia adalah hal sepele yang sering diabaikan. Nyatanya tubuh Anda akan mudah kelelahan dan kehilangan fokus saat jumlah jam tidur Anda tidak sesuai dengan kebutuhan. Tentunya hal ini dapat menggangu produktivitas Anda di esok harinya. Karena itu, atasi insomnia yang Anda alami dengan 6 hal di bawah ini.

  1. Kurangi Cahaya Berlebih

Beberapa orang kesulitan tidur karena adanya gemerlap cahaya lampu. Apalagi orang-orang yang tidur dengan keadaan lampu terang beresiko mengalami penyakit-penyakit tertentu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mematikan lampu agar tidur lebih rileks dan nyaman dari biasanya.

  1. Pindahkan Jam

Jam yang terletak di dinding kamar, memang bagus digunakan sebagai pengingat waktu. Namun sebagian besar orang yang meletakkan jam di kamarnya, seringkali mengalami kesulitan dalam tidur. Alasannya adalah karena mereka selalu menunda waktu tidur ataupun terganggu dengan bunyi jam yang lumayan berisik di ruang sepi.

  1. Jauhkan Gadget dari Jangkauan Anda

Ketika Anda mulai merasa mengantuk, segeralah merebahkan diri di atas kasur dan menutup mata Anda. Jangan tergiur untuk bermain dengan smartphone Anda. Anda akan sulit berhenti jika sudah mulai bermain smartphone. Gelombang radiasi yang dipancarkan smartphone juga dapat membuat Anda tidak nyaman saat tidur.

  1. Hindari Mengonsumsi Kafein

Kafein adalah salah satu hal yang harus dihindari penderita insomnia. Namun seringkali penderita insomnia malah semakin gencar dalam mengonsumsi kopi yang jelas-jelas mengandung kafein di dalamnya. Lima jam sebelum tidur, usahakan agar Anda tidak meminum kopi atau teh yang dapat membuat Anda terjaga semalaman.

  1. Jangan Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur akan membuat perut lebih aktif dalam mencerna makanan, sehingga dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur. Alangkah baiknya jangan mengonsumsi makanan 60 menit sebelum jam tidur. Jika anda merasa lapar, minumlah air putih sebagai pengganti makanan tersebut.

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman di Kamar Anda.

Anda akan tertidur dengan lelap saat benar-benar merasa nyaman dengan lingkungan tempat tidur Anda. Pertama-tama Anda bisa mengganti cat dinding dengan warna-warna yang cerah, ganti seprai dengan warna favorit, pastikan kasur, bantal, guling dan selimut Anda terasa empuk dan berbau wangi.

Mengalami kesulitan tidur dalam beberapa haridapat menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya. Untuk mencegah hal ini, atasi insomnia Anda dengan tips yang direkomendasikan di atas. Kualitas tidur yang cukup membuat Anda lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s