6 Virus Paling Berbahaya yang Harus Diwaspadai

Virus paling berbahaya yang dapat menyerang tubuh manusia, bertanggung jawab pada jutaan kasus orang yang meninggal dunia karena terinfeksi. Para ilmuwan senantiasa berusaha melakukan penelitian pada virus-virus tersebut. Namun beberapa dari virus ini terus berevolusi dan berkembang. Berikut ini virus-virus paling berbahaya yang harus diwaspadai.

  1. Dengue

Dengue adalah salah satu penyebab penyakit demam berdarah yang penyebarannya disebabkan dengan perantara nyamuk. Para peneliti juga menemukan beberapa variasi dari virus dengue, sehingga mereka ingin membuat vaksin untuk dapat mengatasi segala penyakit yang disebabkan oleh virus dengue.

  1. Rabies

Rabies merupakan virus yang penyebarannya melalui air liur hewan, seperti kucing, kelelawar, anjing, kera dan luwak. Di Indonesia juga sering terjadi beberapa kasus orang meninggal karena terserang virus ini. Rabies menyerang sistem saraf manusia, dan mampu menyebabkan hydrophobia dan tidak mampunya tubuh untuk bergerak.

  1. Rotavirus

Virus ini sering menyerang bayi dan anak kecil. Anak kecil yang terserang penyakit ini dapat mengalami penyakit diare yang parah. Hampir ratusan ribu kasus pada anak yang terserang rotavirus berakhir dengan kematian. Namun saat ini telah diciptakan 2 vaksin untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan rotavirus.

  1. Influenza

Virus ini telah menyebabkan jutaan orang meninggal dunia. Satu kali saja virus ini menyerang tubuh manusia, ia terus menempel pada sel-sel tubuh dan mematikan sel-sel ini. Sel yang mati mengakibatkan hidung berlendir dan tenggorokan serak. Semakin banyak sel mati yang masuk ke jantung dapat mengakibatkan kematian.

  1. Hantavirus

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) dapat menyerang manusia saat melakukan kontak dengan hewan pengerta seperti tikus. Virus ini menjadi penyebab 12% dari 3.000 tentara di Koren War mengalami kematian. Saat Hantavirus menyerang manusia, ia membuat manusia gagal ginjal dan paru-parunya terisi dengan cairan.

  1. Marbug

Seorang ilmuwan pertama kali menemukan virus marbug saat terjadinya kasus pekerja lab yang terinfeksi virus dari beberapa kera. Sekilas gejala yang ditimbulkan virus ini mirip dengan virus ebola. Jika Seseorang yang terinfeksi tidak segera ditangani, dapat mengalami kejang, kegagalan organ dan meninggal dunia.

Saat ini para ilmuwan dan para ahli tetap berusaha melakukan penelitian pada virus paling berbahaya ini, serta menyediakan vaksin guna mengatasi berbagai penyakit yang ditimbulkan olehnya. Alangkah baiknya, kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh agar virus-virus berbahaya tidak mudah menyerangtubuh kita.

Leave a comment