Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan warna gigi tanpa harus mendapat bantuan dari dokter. Karang gigi seringkali membuat seseorang kurang percaya diri ketika mengobrol dengan lawan jenis. Apalagi bila benda berwarna kuning tersebut menempel di gigi bagian depan yang mudah terlihat dari jarak dekat. Jika tidak segera dibersihkan bisa menumpuk dan mengakibatkan gigi keropos.

Cara Membersihkan Kerak Gigi Secara Alami

Kerak gigi atau karang gigi adalah noda berwarna coklat kekuningan yang menempel pada permukaan gigi, antara garis dan gusi. Karang gigi disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari air liur yang mengeras hingga bakteri dan plak yang berkerak. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi makanan yang manis juga berkontribusi dalam pembentukan karang gigi. Bila tidak segera ditangani, karang gigi bisa mengakibatkan bermacam-macam masalah pada rongga mulut.

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan cara menghilangkan kerak gigi secara alami. Tentu bahan yang digunakan sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping. Selengkapnya, silahkan baca ulasan di bawah ini:

Jambu Biji

Berdasarkan penelitian, jambu biji bisa digunakan sebagai penghilang plak dan karang gigi. Journal of Applied Microbiology memaparkan sebuah studi yang dilakukan di India, bahwa jambu biji sangat berpotensi menjadi obat periodental, yaitu penyakit yang berhubungan dengan gusi dan ampuh dalam membasmi bakteri pemicu terbentuknya plak gigi atau Streptococcus mutans. Selain itu, jambu biji memiliki efek anti inflamasi, sehingga bisa mengatasi peradangan dan rasa nyeri.

Untuk menghilangkan karang gigi sendiri, kunyah buah jambu biji yang telah dikupas, dipotong-potong dan ditaburi sedikit garam. Pastikan Anda mengunyahnya di bagian gigi yang berkerak. Supaya hasilnya lebih cepat terlihat, lakukan sebanyak 1-2 kali sehari.

Cengkeh

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology mengungkapkan bahwa cengkeh sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi dan menghilangkan plak atau karang gigi. Sebab, cengkeh mengandung senyawa yang bersifat antiplak dan antigingvitis (radang gusi). Cukup haluskan cengkeh dan ambil bubuknya sebanyak satu sendok teh. Tuang ke dalam mangkuk, kemudian beri lima tetes minyak zaitun. Pasta cengkeh ini bisa digunakan untuk menggosok gigi.

Lidah Buaya

Lendir lidah buaya telah lama menarik perhatian para ilmuwan karena mereka menemukan kandungan yang bersifat antibakteri dan antimikroba di dalamnya. Sehingga, tak heran bila lendir lidah buaya sering dijadikan obat radang gusi maupun untuk menghilangkan karang gigi. Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan lendir tanaman tersebut pada gigi dengan tangan atau sikat gigi. Biarkan selama 10-15 menit, lalu kumur dengan air bersih. Cara merontokkan karang gigi ini diterapkan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Ingat, bahwa cara mengatasi karang gigi di atas tidak secepat ketika mendapat penanganan dari dokter. Hasilnya bisa dilihat setelah Anda rutin menerapkan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s